Selasa, 04 Juni 2013

Belajar komputer memulai dengan DOS

Menguasai ITC dan DOS
Ilmu komputer memiliki beragam tingkatan sesuai dengan profesi atau bidang pekerjaan. Bagi computer programmer, mereka harus memahami dasar-dasar pengetahuan komputer hingga tingkat lanjut. Sedangkan bagi profesi lain yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dalam bekerja, misalnya profesi akuntan, maka pengetahuan seputar komputer terbatas pada program-program yang mendukung kerja bidang akuntansi.
Bagi Anda yang ingin menjadi ahli pemrograman komputer, ITC (Introduction To Computer) dan DOS (Disk Operating System) adalah dua jenis pengetahuan komputer yang harus diketahui dan dikuasai saat pertama kali belajar komputer. Mengapa ITC dan DOS penting dipelajari oleh setiap computer programmer? Karena ITC dan DOS merupakan program dasar dalam pengenalan peralatan komputer dan cara penggunaannya sampai dengan memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Introduction To Computer secara sederhana dapat diartikan sebagai pengenalan pada hal-hal yang berhubungan dengan operasional dan pemanfaatan komputer. Pengetahuan ini akan membahas segala hal yang berhubungan dengan komputer, baik secara fisik maupun non fisik. Secara fisik, komputer adalah sebagai suatu alat yang membantu produktifitas kerja manusia. Sedangkan secara non fisik, komputer membutuhkan pengetahuan dalam pengoperasiannya.
Secara umum, terdapat tiga komponen komputer yang harus diketahui dalam ITC atau pengenalan belajar komputer. Tiga sistem dalam pengenalan belajar komputer adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia). Tiga sistem tersebut bekerjasama dalam menentukan keberhasilan sebuah kegiatan yang berlangsung menggunakan peralatan komputer.
Apakah yang termasuk dalam hardware, software dan brainware? Yang termasuk dalam hardware komputer adalah keyboard (papan ketik), disket, hard disk, CPU (Central Processing Unit), memori induk (main memory), flash disk, USB Bluetooth, mass storage, card reader, handphone dan lain-lain. Ragam hardware yang digunakan manusia saat ini makin berkembang sesuai tuntutan kebutuhan kerja.
Lalu, software sendiri dibagi menjadi sistem operasi (operating system), program paket (Package Program) dan alat bantu (utility). Contoh operating system adalah MS-DOS (Disk Operating System), Windows XP, Windows 7, Linux dan lain-lain. Sedangkan contoh Package Program adalah Wordstar, Lotus 123, dBase III plus, Chiwriter, Quatro Pro dan lain-lain. Perkembangan software juga makin pesat terkait makin kompleksnya tantangan pekerjaan manusia yang melibatkan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar